Kamis, 03 Desember 2015

Penting gak sih blajar bahasa arab?

Entah apa yang telah menginspirasiku, apa yang telah menggerogoti pikiranku, dan apa yang telah memasukkan doktrin-doktrin dalam diriku untuk mempelajari bahasa Arab.


Perlu kita ketahui bersama bahwasanya bahasa arab itu unik, asyik dan menarik.
Kenapa saya katakan unik? Yah alasannya tak lain dan tak bukan yaitu, bahasa Arab punya 14 personal pronoun alias subjek( fa'il) Ribet yah? Yah jangan dipikirlah.. jalani aja dulu, maka kalian akan mendapatkan sensasinya sendiri.
Yang kedua adalah asyik... nah sebagaimana kita ketahui bahasa arab itu memiliki 1 kata tapi banyak makna ataukah 1 makna tapi banyak kata. Contohnya, استطاع- احتمل- امكن yang artinya sanggup/mampu dsb... ada juga yang hurufnya dibalik-balik tapi artinya tetap sama seperti مدح dan حمد yang artinya memuji. Asyik bukan? Dengan mengetahui 1 kata saja kta sudah bisa mengetahui lebih banyak kata lagi. Itu baru bagian yang itu. Belum lagi jika ditashrif dengan tashrifan isthilahiyah... wah maka ada sekitar 10 kosa kata yang muncul dari 1 kata saja.
Nah yang terakhir adalah menarik. Coba bayangkan apa jadinya klau kita tidak tahu bahasa Arab... bagaimana kita bisa mempelajari kitab kita sendiri (Islam) ??? Dan yang lebih mengesankan lagi temen-temen banyak literatur atau bahan bacaan tentang sejarah, perkembangan teknologi, ilmu kesehatan, ilmu eksakta dsb yang berasal dari bahasa arab. Karena memang para ilmuwan pada masa dinasti abbasiyah berkembang pesat, sehingga banyak para ilmuwan dan cendekiawan yang terlahir dan melahirkan karya-karyanya yang sampai sekarang masih dan terus dipakai dalam pembelajaran di sekolah-sekolah bahkan sampai bangku perkuliahan. Kita bisa mengupas tuntas utamanya sejarah-sejarah islam yg ada di belahan muka bumi. Nah tunggu apa lagi "اما الآن أو لا للأبد" sekrang atau tidak sma sekali. Menarik kan teman2 jika kita bisa mengetahui bahasa Arab. Pokoknya bisa jadi ahli surga deh.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar